TABK – Teknik Audit Berbantuan Komputer

TABK – Teknik Audit Berbantuan Komputer

TABK atau lebih jelasnya Teknik Audit Berbantuan Komputer yang merupakan terjemahan dari Computer Assisted Audit Techniques (CAATs) adalah teknik yang dipakai untuk pemeriksaan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer.

Penggunaan TABK atau CAATs ditujukan untuk perusahaan yang telah menggunakan komputer akuntansi, hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas auditor dalam melaksanakan audit yang ditunjang dengan pemanfaatkan segala kemampuan yang dimiliki oleh komputer.

www.theakuntan.com

Menurut Bapak Mahyuni… TABK/CAAT merupakan perangkat dan teknik yang digunakan untuk menguji (baik secara langsung maupun tidak langsung) logika internal dari suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah data.

www.mahyuni-bjm.blogspot.com

Istilah gampangnya adalah Mengaudit suatu perusahaan yang menggunakan komputerisasi dengan teknik pemeriksaan menggunakan komputer pula.

Dalam menerapkan TABK, tentunya ada sebuah “software” yang dapat menunjang pemakaian sebuah penciptaan teknik audit berbantuan komputer tersebut.

Berikut ini akan dibahas sebuah software yang digunakan dalam TABK.

Audit Command Language (ACL)

Audit Command Language (ACL) merupakan audit software yang khusus didesain untuk melakukan analisa data elektronik suatu perusahaan dan membantu menyiapkan laporan audit secara mudah dan interaktif.

www.kabelkusut.blogspot.com

ACL dikembangkan sejak tahun 1970an oleh Prof. Hart J. Will dari Canada dan kemudian dikelola oleh ACL Services Ltd Vancouver, Canada. Menurut hasil survey tahunan The Institute of Internal Auditors, USA, 2005, ACL merupakan Pemimpin pasar dalam teknologi pengambilan data, analisis data, serta pelaporan. Hebat yah..

ACL juga merupakan Tools yang paling diminati untuk dapat membantu proses analisis data secara interaktif dalam menghasilkan informasi yang tepat guna bagi keperluan pengambilan keputusan yang tepat bagi manajemen.

ACL telah dikembangluaskan dengan fungsi untuk memenuhi kebutuhan analisis data seluruh aktivitas bisnis operasional di dalam perusahaan, Di antaranya di bidang Audit untuk analisis data, pencocokan & pembandingan data, laporan penyimpangan, dsb

Kata bapak Drs. Djamrud Abdullah, ACL ( Audit Command Language) itu:

* Secara khusus dirancang untuk menganalisa data, memanipulasi data dan mengekspor data sehingga membuatnya menjadi lebih berguna bagi auditor.

* Dapat mengerjakan berbagai tipe format data.

* Data yang dihasilkan oleh komputer, disimpan dalam karakter-karakter yang disebut byte.

* Dapat membaca data dari berbagai macam sistem yang terbentang mulai dari model sistem mainframe lama hingga ke relational database modern.

* Adalah aplikasi yang hanya ‘read-only’, ACL tidak pernah mengubah data sumber asli sehingga aman untuk menganalisis jenis live-data.

Hal serupa mengenai Kemampuan ACL menurut sumber yang saya peroleh dari www.mahyuni-bjm.blogspot.com ialah sebagai berikut:

Mudah dalam penggunaan.

ACL for Windows, sesuai dengan namanya, adalah perangkat lunak (software) berbasis Windows, di mana sistem operasi Windows telah dikenal bersifat mudah digunakan (user friendly). Kemudahan ini ditunjukkan dengan pengguna yang hanya meng-click pada gambar-gambar tertentu (icon) untuk melakukan suatu pekerjaan, dan didukung pula dengan fasilitas Wizard untuk mendefinisikan data yang akan dianalisis.

Built-in audit dan analisis data secara fungsional.

ACL for Windows didukung dengan kemampuan analisis untuk keperluan audit/pemeriksaan seperti: analisis statistik, menghitung total, stratifikasi, sortir, index, dan lain-lain.

Kemampuan menangani ukuran file yang tidak terbatas.

ACL for Windows mampu menangani berbagai jenis file dengan ukuran file yang tidak terbatas dan memiliki kemampuan untuk membaca berbagai macam tipe data. ACL for Windows dapat membaca file yang berasal dari berbagai format antara lain: Flat sequential, dBase (DBF), Text (TXT), Delimited, Print, ODBC (Microsoft Access database, Oracle), Tape ( ½ inch 9 – track tapes, IBM 3480 cartridges, 8 mm tape dan 4 mm DAT).

Kemampuan mengekspor hasil audit

ACL mempunyai kemampuan untuk mengekspor hasil audit ke berbagai macam format data antara lain: Plain Text (TXT), dBase III (DBF), Delimit (DEL), Excel (XLS), Lotus (WKS), Word (DOC), dan WordPerfect (WP).

Pembuatan Laporan berkualitas tinggi.

ACL for Windows memiliki fasilitas lengkap untuk keperluan pembuatan laporan. ACL for Windows dapat bekerja menggunakan database relasional modern, di samping (tentu saja) menggunakan sistem penyimpanan data secara tradisional. Pada sistem legacy, untuk membuat dan memproses data dilakukan tanpa menggunakan program, sedangkan ACL for Windows memiliki kemampuan untuk mengakses data.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa kunjungi sendiri website-nya untuk tau lebih jelas mengenai ACL ini.

www.mahyuni-bjm.blogspot.com

Jadi…,ACL merupakan suatu sistem berbasis windows yang bersifat ‘Graphical User Interface (GUI)’ dan sangat mudah digunakan (‘User Friendly’) untuk melakukan suatu proses analisis data serta monitoring.

Software ACL dapat melakukan akses data langsung kedalam database ataupun dalam bentuk teks file dalam waktu yang singkat tanpa menganggu sistem yang sedang berjalan. Melakukan proses verifikasi hasil dari data yang diperoleh untuk menciptakan integrasi data yang dipercaya dan hasil analisa data yang dapat dihandalkan. Semua dapat dilakukan dengan cepat,tepat, aman dan akurat.

www.djamrud.com

Melihat dari gambaran tentang “Sofware ACL”, mulai dari pengertian sampai kemampuannya, Lalu apakah Manfaat dari ACL itu sendiri?

Dari hasil pencarian yang saya lakukan, manfaat ACL dari berbagai pihak adalah:

* Bagi auditor

Penggunaan ACL bagi auditor akan membantu mereka dalam melaksanakan tugas audit secara lebih terfokus, cepat, efisien, efektif, dan murah dengan lingkup yang lebih luas dan analisis mendalam. Pengindikasian penyimpangan yang terjadi dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan dengan beraneka ragam analisis yang menggunakan ACL sehingga auditor dapat menemukan lebih banyak penyimpangan serta memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan pembuktian.

* Bagi manajemen,

Untuk manajemen termasuk profesi akunting dan keuangan, ACL dapat membantu mereka dalam menganalisis data dan informasi perusahaan, menguji pengendalian yang telah ada, dan dapat pula membantu pembuatan laporan manajemen secara cepat dan fleksibel.

http://kabelkusut.blogspot.com

* Sebagai Pemeriksa

Sebagai pemeriksa (menurut penulisnya sebagai pemeriksa berbeda dengan “bagi” pemeriksa/auditor), ACL dapat membantu dalam mengakses data baik langsung (Direct) kedalam system jaringan, ataupun InDirect(Tidak Langsung) yaitu melalui media lain seperti softcopy dalam bentuk teks file/report.

www.400education.com

Selain ACL, software- software lainnya yang sejenis dengan ACL adalah seperti IDEA, CA Panaudit Plus, Monarch Software dan banyak lagi lainnya, tetapi kebanyakan fungsinya sama, yaitu data interogating.

www.theakuntan.com

IDEA (Interactive Data Analysis Software)

Merupakan software audit yang dapat digunakan untuk membuat rekonsiliasi, investigasi kecurangan, internal/operational audit, pemindahan file, mempersiapkan laporan manajemen dan analisis-analisis lainnya, termasuk menelusuri security log.

IDEA adalah software yang powerful dan mudah dioperasikan untuk membantu akunting dan professional keuangan meningkatkan keahlian auditing, mendeteksi kecurangan, dan memenuhi dokumen-dokumen standar. Software ini memungkinkan kita untuk mengimpor data dengan cepat, menyertakan, menganalisa, mengambil sample dan mengekstrak data dari berbagai macam sumber, termasuk laporan yang dicetak dari sebuah file.

APG (Audit Program Generator)

APG memungkinkan tim audit mempersiapkan daftar perencanaan audit mereka. APG memungkinkan tim audit untuk menambah, menghapus atau melakukan modifikasi item-item individual dalam daftar perencanaan audit untuk menyesuaikan antara pekerjaan auditor dengan keperluan klien mereka

Waktu, biaya, tenaga, tanggal penyelesaian, adalah semua elemen yang harus diperhitungkan ketika sebuah tim audit membuat perencanaan audit. Langkah pertama dalam perencanaan audit tersebut akan dipersiapkan dalam sebuah daftar perencanaan audit.

Microsoft Excel

Cara kerja audit berbantuan computer dengan Microsoft Excel sebenarnya hampir sama dengan software GAS ( Generelized Audit Sofware ) yang lain, yaitu setelah file data diimpor atau disalin, maka selanjutnya dapat dilakukan pengolahan/manipulasi data sesuai keperluan audit yang dilakukan, tentunya dengan menginputkan formula-formula yang diperlukan.
Sekalipun demikian, tetap harus diakui bahwa penggunaan Microsoft Excel untuk audit tetap memiliki kekurangan dibandingkan dengan paket software yang memang dikhususkan untuk audit. Hal ini karena file yang telah diimpor atau disalin bukanlah jenis file read only sehingga sangat rentan kesalahan yang diakibatkan kesalahan pengetikan dan pengeditan yang dilakukan. Keterbatasan lainnya adalah keterbatasannya dalam mengenali dan membaca file sumber data, jika dibandingkan dengan program seperti ACL dan IDEA yang mempunyai kemampuan membaca file dalam banyak tife/ekstensi.

(Baru tau Ms Office Exel bisa digunakan sebagai software untuk kegiatan Audit, thanks pak Mahyuni…)

AUDIT-Easy

Adalah software yang digunakan untuk mengembangkan dan melakukan audit kepatuhan internal dan eksternal.

EZ-R Stats

Adalah software audit dengan beberapa kegunaan sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi duplikasi, selisih-selisih, jumlah populasi, klasifikasi dan stratifikasi data, univariate statistik, menentukan ukuran sample, persentil/quartile, histogram, dan lainnya.
  • Menentukan prosedur-prosedur seperti misalnya test Hukum Benford (Benford’s Law) besaran nilai kumulatif moneter sampling, interval sampling,cross tabulasi.
  • Dapat digunakan untuk melakukan beberapa pengujian statistik seperti Chi Square, pemeriksaan nomor kartu kredit, penyusunan nomor keatas dan kebawah.
  • Menghasilkan grafik – histogram, garis trend, grafik pareto, dan lain-lain

QSAQ

Software ini digunakan untuk menjadwalkan, mengelola analisis dan mengadakan internal audit, penilaian, pengujian dan pemeriksaan. Software ini didesain untuk mengorganisasikan, melangsungkan, mendokumentasikan, dan melaporkan dalam internal audit dan eksternal audit.

Random Audit Assistant

Adalah software untuk mendapatkan sample audit yang valid dari batasan audit yang telah ditetapkan.

RAT-STATS

Adalah paket software statistik yang didesain untuk membantu auditor dalam menetapkan sample audit secara acak dan mengevaluasi hasilnya.

GRC on Demand

Adalah software dengan kegunaan untuk manajemen pengendalian keuangan, otomatisasi audit, risiko manajemen, teknologi informasi pemerintahan.

Auto Audit

Software ini merupakan sistem informasi audit yang terintegrasi. Software ini memungkinkan departemen audit untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dalam satu database. Dengan fasilitas untuk menaksir risiko, perencanaan, penjadwalan, kertas kerja, dan lainnya, maka menggunakan software ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengelola sebuah departemen audit.

Semuanya tentang software sejenis ACL dibahas lengkap di www.mahyuni-bjm.blogspot.com

Dalam Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) ditekankan perlunya pemahaman auditor dalam pemeriksaan sebuah sistem akuntansi berbasis komputer. www.theakuntan.com

Selain untuk auditor, pemahaman tentang TABK yang menggunakan ACL sebagai sofwarenya juga diberikan pada lembaga-lembaga yang berhubungan dengan manajemen, bisnis dan akuntansi. Pada lembaga universitas jurusan akuntansi, pemahaman ini diberikan pada mata kuliah yang tentunya berhubungan dengan AUDIT/PENGAUDITAN.

Contoh universitas-universitas yang telah menggunakan ACL sebagai silabus dalam materi kuliahnya adalah Universitas Kristen Petra jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga jurusan akuntansi dan STIE Perbanas Surabaya.

www.theakuntan.com dan http://accounting.petra.ac.id/mk_sia.html

Kalo contoh perusahaannya, menurut www.theakuntan.com kayaknya hampir semua perusahaan besar sudah Computer-based IS, contohnya di PT Pelindo III.

Kekurangan TABK

“TABK ITU SEBENARNYA NGGAK PENTING”, apa benar TABK itu nggak penting?, bagi yang menjawab SALAH dinyatakan adalah jawaban yang tepat, tapi bagi yang menjawab BENAR juga dinyatakan adalah jawaban yang tepat juga.

TABK atau CAAT menjadi tidak penting saat auditor mengaudit perusahaan yang tidak menerapkan komputerisasi akuntansi, benar khan??.., kalaupun sudah, TABK mengharuskan menggunakan software yang harganya mahal, dan akan mengalami kesulitan untuk memberikan pemahaman tentang software tersebut. Pendapat saya ini sama dengan pendapat yang dikemukakan olek pak Mahyuni, yaitu :

“Sekalipun telah diuraikan diatas bahwa TABK/CAATT merupakan teknik audit modern dengan berbagai kelebihan dibandingkan dengan audit secara manual, namun tetap harus diakui bahwa audit dengan teknik ini tetap mempunyai keterbatasan. Keterbatasan tersebut diantaranya adalah tidak adanya “peluru perak” dalam mengembangkan keahlian penguasaan software-software GAS terhadap staf audit. Software-software tersebut pada umumnya harus dipelajari dalam waktu yang lama, sehingga sebuah KAP yang menginginkan staf-stafnya mahir dalam penguasaan software-software GAS ini harus “menginvestasikan” dana dalam jumlah yang cukup besar untuk membekali mereka dengan serangkaian pelatihan-pelatihan penggunaan software ini. Pada beberapa kasus, pelatihan-pelatihan tersebut malah menjadi percuma karena tidak langsung dipraktekkan pada audit yang dilakukan. Hal ini karena untuk menjadi mahir, software-software ini menuntut pengembangan dan pemeliharaan keahlian secara kontinyu.” www.mahyuni-bjm.com

TABK atau CAAT menjadi sangat penting, manakala auditor harus mengaudit sebuah perusahaan yang besar dan memiliki data-data komputer yang sangat banyak dan memiliki berbagai tipe, penghematan waktu dan efektivitas yang sangat dalam mengaudit, mungkin akan memberikan imbalan yang sesuai dengan cost yang dikeluarkan.

Untuk Mendownload software ACL danTutorialnya, download saja di <!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE \* MERGEFORMAT <![endif]–><!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> <![endif]–>

http://www.theakuntan.com

www.financedownload.com

http://www.picalo.org

www.djamrud.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: